Pekalongan (Antaranews Jateng) - Sebanyak 33 komunitas yang tergabung pada Komunitas Save Pekalongan bersama Lembaga Kemitraan Pembaruan Tata Pemerintahan, dan Yayasan Robert Bosch menggelar diskusi dan pemutaran film tentang perjuangan penanganan rob, Selasa.
     
Ketua Panitia Diskusi dan Pemutaran Film Trisno Suhito di Pekalongan, Selasa, mengatakan dua film berdurasi pendek yang diputar untuk menyuarakan penanganan rob, yaitu "Ada Juang di Tanah Tergenang" yang disutradarai Taufiq Canting dan "Pekalongan 34 CM" karya Lexy Junior Rambadeta.
     
"Rob yang terjadi di Kota Pekalongan telah berdampak sangat besar bagi warga, baik secara sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan, bahkan sampai pada kehidupan rumah tangga. Oleh karena, kegelisahan Komunitas Save Pekalongan terhadap rob tersebut diekspresikan dalam bentuk film," katanya.
     
Ia mengatakan komunitas Kota Pekalongan sebagai bagian dari masyarakat sipil merasa prihatin terhadap rob yang masih melanda daerah setempat.
     
"Kami merasa prihatin terhadap bencana rob yang masih melanda di Kota Pekalongan yang hingga kini belum terselesaikan. Oleh karena, melalui pemutaran film ini bertujuan menyuarakan secara lebih luas agar bencana rob mendapat perhatian dan penanganan secara serius," katanya.
     
Rob di Kota Pekalongan harus segera diatasi secara bersama-sama dan perlu kolaborasi dengan pemerintah daerah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, pemerintah pusat, dan masyarakat.
     
Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz mengatakan masalah penanganan rob perlu sinergi dan kerja sama antara pemkot, komunitas, dan masyarakat.
     
"Oleh karena itu kami mengapresiasi terhadap perjuangan para komunitas untuk penanganan rob. Film ini merupakan wujud kreativitas dan semangat jejaring komunitas di Pekalongan untuk mengatasi masalah rob serta permasalahan lingkungan lainnya," katanya.
     
Pemkot akan memberikan ruang ekspresi bagi komunitas dalam upaya mengatasi masalah sosial, seperti upaya penanganan rob yang saat ini sedang dilakukan oleh mereka melalui pemutaran film.