BERITA

Walhi Gembleng Pemuda Jateng Pahami Perubahan Iklim dan EBT

Thursday, 29th Nov 2018 00:34 WIB

News image

emarangpos.com, SEMARANG — Selama tiga hari, sejak Jumat-Minggu (23-25/11/2018), salah satu organisasi lingkungan hidup terbesar di Tanah Air, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) mengelar kegiatan bertajuk Youth Climate Camp (YCC) 2018 di Villa Greenland, Gonoharjo, Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng).

Sekitar 40 pemuda dari berbagai daerah di Jateng turut serta dalam kegiatan perkemahan yang digelar untuk meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap perubahan iklim dan energi baru terbarukan (EBT).

Ketua Panitia YCC 2018, Abdul Ghofar, mengatakan 40 pemuda yang dipilih mengikuti event tersebut berasal dari berbagai latar belakang pendidikan. Mereka dipilih berdasarkan proses seleksi dengan cara mengirimkan karya bertema perubahan iklim dalam bentuk tulisan, video pendek, infografis, maupun karya ilmiah.

Konsep YCC 2018 yang digelar dalam bentuk perkemahan bertujuan agar peserta bisa melebur dengan alam untuk merasakan adanya perubahan iklimdi sekitar mereka, seperti pemanasan global dan perlunya EBT dan energi bersih.

“Di tengah pemanasan global yang terus terjadi, bumi tak bisa hanya ditempati. Ia harus dijaga dengan tidak melakukan eksploitasi secara besar-besaran. Kami mendorong anak muda mengetahui dampak perubahan iklim dan membuat mereka sadar akan pentingnya energi bersih,” ujar Ghofar kepada Semarangpos.com, Selasa (27/11/2018).